Metode Pengembangan Software


Selamat datang.
Dalam postingan saya ini, kita akan membahas mengenai Metodologi Penngembangan Software/Perngkat Lunak.

Apa itu perangkat lunak?
Perangkat Lunak  adalah suatu sistem/program yang terformat digital yang dapat dijalankan komputer.
Pengembangan Perangkat Lunak sendiri merupakan proses perbaikan perangkat lunak yang telah ada secara keseluruhan menjadi perangkat lunak yang baru
Dalam proses pengembangannya sendiri terdapat metode-metode yang dapat memperdalam tujuan dan mempercepat pengembangan perangkat lunak tersebut, maka hal tersebut disebut metodologi. 

Metodelogi pengembangan software adalah suatu strategi pengembangan yang memadukan proses, metode, dan perangkat. Model proses rekayasa perangkat lunak dipilih berdasarkan sifat aplikasi dan proyeknya, metode dan alat-alat bantu yang digunakan, dan control, serta penyampaian yang dibutuhkan.
Ada 5 tahapan dalam pengembangan sistem perangkat lunak, yaitu :

1. Komunikasi (Communication)

Hasil gambar untuk komunikasi
Pada tahap pertama ini, pengembang perangkat lunak melakukan pendekatan komunikasi dengan kostumer yang akan menggunakan perangkat lunak untuk mendapatkan ide-ide spesifikasi perangkat lunak yang dibutuhkan.

2. Perencanaan (Planning)
Hasil gambar untuk perencanaan
Pada tahap selanjutnya, pengembang perangkat lunak mendiskusikan perencanaan kegiatan yang perlu dilakukan seperti lamanya pembuatan program dan berapa banyak programmer yang dibutuhkan dengan memerhatikan resiko-resiko yang harus diperhatikan.

3. Pemodelan (Modeling)
Hasil gambar untuk perencanaan
Selanjutnya, pada pembuatan model perangkat lunak , membantu pada tahap perencanaan untuk menentukan karakteristik perangkt lunak, pemodelan harus mengacu pada komunikasi dan perencanaan.

4.Konstruksi (Construction)
Hasil gambar untuk coding
Pada tahap ini, akan dimulai tahap pembangunan suatu sistem perangkat lunak atau dengan kata lain penulisan kode program/coding dan pengujian untuk mencari dan memperbaiki error yang  ada.

5.Penerapan (Deployment)
Gambar terkait
Pada tahap yang terakhir, perangkat lunak di instal dan diuji coba pada kantor kostumer kemudian dievaluasi apakah perangkat lunak tersebut sudah sesuai kebutuhan atau tidak , jika sudah maka software tersebut dipublikasikan.

Demikianlah postingan saya mengenai metodologi pengembangan perangkat lunak atau software, masih banyak lagi metode pengembangan software lainnya yang akan saya bahas di lain kesempatan.
Terima kasih kiranya informasi ini bisa bermanfaat.

#IFN204B #Tugas #PSPL #unsrat


Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRUCTURALIST PERSPECTIVE

Pengertian,Manfaat dan Analisis SWOT

Agile Development Methods